SEMANDORA MAN SATU Ramai Diserbu Pendonor Darah
Sejuta Manfaat Dengan Donor Darah

By Admin 27 Sep 2023, 15:15:35 WIB Pendidikan
SEMANDORA MAN SATU Ramai Diserbu Pendonor Darah

MAN 1 TULUNGAGUNG - Hari Palang Merah Indonesia diperingati setiap tahun pada tanggal 17 September. Dalam rangka memperingati Hari Palang Merah Indonesia tersebut, PMR Unit MAN ! Tulungagung bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menyelenggarakan kegiatan donor darah. Kegiatan donor darah ini dilaksanakan di Student Center mulai pukul 08.00 WIB (Rabu, 27 September 2023). Kegiatan donor darah ini juga merupakan program kerja PMR Unit MAN 1 Tulungagung yang menyasar peserta didik dan masyarakat umum.

"Pelaksanaan donor darah ini merupakan kegiatan yang positif sebgaai bentuk solidaritas kita terdahap kebutuhan stok darah bagi masyarakat yang membutuhkan. Selain itu, donor darah juga membawa manfaat bagi kesehatan pendonornya. Terima kasih kepada seluruh pihak baik PMR, maupun anak-anak dan Bapak/Ibu guru dan karyawan yang telah menyukseskan kegiatan donor darah ini," ujuar Muh. Fathulloh, M.PdI. mewakili kepala madrasah usai beliau mendonorkan darah.

Pelaksanaan donor darah berjalan lancar. Bahkan antusiame dari pendonor sangat tinggi. Hal ini tampak dari banyaknya pendonor darah, baik siswa maupun guru dan karyawan. Bahkan kegiatan donor darah kali ini juga diramaikan para pendonor darah yang berasal dari luar madrasah, di antaranya dari siswa SMA 1 Boyolangu dan beberapa karyawan dari kantor dinas di sekitar MAN 1 Tulungagung.Tercatat terdapat 104 pendonor dalam kegiatan ini.

Berdasarkan hasil screenning petugas PMI, beberapa calon pendonor darah dinyatakan tidak layak untuk mendonor. Memang terdapat persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendonor. Sebma Dariati, S.Pd. selaku pembina PMR menjelaskan bahwa seorang pendonor harus dinyatakan sehat saat di-sreening oleh petugas PMI. Syarat lainnya yang harus dipenuhi pendonor darah yaitu telah berusia 17-60 tahun; memiliki berat badan minimal 45 kilogram; suhu tubuh 36,6-37,5 derajat celcius; dan tekanan darah harus berada di angka 100-160 untuk sistolik dan 70-100 untuk diastolik. 

Banyak manfaat donor darah bagi pendonornya. Setelah donor darah, tubuh jadi lebih fit karena produksi darah diperbaharui. Selain itu, tekanan darah jadi lebih stabil. Keuntungan juga bisa didapat bagi mereka yang kelebihan sel darah merah. Karena dengan donor darah, tubuh jadi menyeimbangkan dengan kebutuhan. SEMANDORA MAN SATU, keren. (iz)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment