Pendampingan BDK Provinsi Jawa Timur dalam Pembelajaran P5P2RA
Man 1 Tulungagung Ditunjuk sebagai Pilot Project P5P2RA IKM Berbasis Komunitas

By Admin 23 Sep 2023, 22:04:09 WIB Pendidikan
Pendampingan BDK Provinsi Jawa Timur dalam Pembelajaran P5P2RA

Gambar : Ninik Supriyati, S.Si., M.Pd. widyaiswara BDK Surabaya (red: kiri)


MAN 1 Tulungagung sebagai madrasah yang melaksanakan implementasi kurikulum merdeka berbasis komunitas (IKM BK) mendapat pendampingan dari Balai Diklat Keagamaan (BDK) Provinsi Jatim. Pendampingan ini dilaksanakan di madrasah ini selama pembelajaran P5P2RA bagi siswa kelas X dan XI (Rabu, 20 September 2023). Pendampingan ini dilakukan oleh Ninik Supriyati, S.Si., M.Pd. widyaiswara BDK Surabaya, yang hadir bersama Aziz Fuadi, S.Sos, M.S.M.

Dalam pendampingan ini, Ninik Supriyati memonitoring secara langsung di beberapa kelas saat proses pembelajaran berlangsung. Tak hanya itu, beliau juga memberikan pengarahan kepada para pengurus/guru P5P2RA terkait modul yang digunakan. 

 

Beberapa hasil evaluasi dari pendampingan oleh BDK Jatim tersebut telah disampaikan kepada budang kurikulum. Perlu ada kegiatan briefing terlebih dahulu sebelum kegiatan P5P2RA dilakukan. Perlu adanya kegiatan evaluasi duduk bersama dengan semua fasilitator untuk menentukan solusi atas kendala yg terjadi saat pembelajaran P5P2RA berlangsung. 

P5P2RA merupakan pembiasaan karakter sehingga diharapkan karakter cinta kebersihan dan keindahan akan terus tertanam dalam jiwa setiap siswa meski proyek tema gaya hidup keberlanjutan ini sudah selesai. Bapak/Ibu Guru harus juga memiliki semangat yg luar biasa untuk menerapkan kurikulum merdeka dan melaksanakan kegiatan P5P2RA.

Walaupun kegiatan pendampingan IKM Berbasis Komunitas (IKM BK) sudah selesai secara offline kemarin, semoga silaturahmi tetap terjaga. Man 1 Tulungagung sudah menjadi pilot project dalam implementasi P5P2RA sehingga ke depannya harus siap apabila kedatangan tamu dari madrasah lain untuk melakukan studi banding. 

Penerapan P5P2RA di madrasah ini sudah baik, sehingga perlu dilanjutkan apalagi semangat antusias para siswa di kelas juga luar biasa. Perlu dilakukan penguatan pada projek dengan topik merawat bumi misalnya dengan kegiatan outdoor learning ke lokasi mendukung (seperti TPA, tempat pengelolaan limbah, dll) secara bergantian setiap kelompok dalam kelas. Diharapkan terkait administrasi dan dokumentasi P5P2RA tidak hanya by paper tapi semua sudah by digital agar dokumen bisa tersimpan aman. 

Perlu adanya penambahan sumber referensi di setiap langkah kegiatan dan lembar kerja pada modul yg sudah dibuat. Semangat luar biasa dari semua fasilitator bisa menjadikan kegiatan P5P2RA ini sukses, sehingga bisa menjadi motivasi bagi Madrasah lainnya di kabupaten Tulungagung. (sbm)

Lihat dokumentasi kegiatan pendampingan P5P2RA, klik di sini.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment