MAN 1 Tulungagung Sukses Melaksanakan AKMI 2023 || Monitoring Langsung oleh Kakankemenag Tulungagung

By Admin 04 Okt 2023, 11:01:33 WIB Pendidikan
MAN 1 Tulungagung Sukses Melaksanakan AKMI 2023 || Monitoring Langsung oleh Kakankemenag Tulungagung

MAN 1 TULUNGAGUNG - Kementerian Agama melaksanakan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) 2023 dalam kurun waktu 2-14 Oktober 2023. MAN 1 Tulungagung merupakan madrasah yang ditetapkan oleh KSKK Kemenag RI sebagai peserta AKMI 2023 untuk tingkat MA di Kabupaten Tulungagung. Dalam pelelaksanaannya terdapat lima periode yang dapat dipilih oleh madrasah yang ditunjuk sebagai madrasah peserta AKMI 2023. MAN 1 Tulungagung memilih pelaksanaan AKMI di periode 2 yang berlangsung selama dua hari, 4-5 Oktober 2023. Asesmen ini ditujukan bagi peserta didik kelas XI (angkatan 2022).

Pelaksanaan AKMI 2023 pada hari pertama di MAN 1 Tulungagung berjalan lancar. Kepala Kantor Kemenag Tulungagung (Rabu, 4 Oktober 2023), Drs. H. Moh. Nasim, M.Ag., melakukan monitoring secara langsung. Kedatangan beliau disambut oleh Dr. H. Bambang Widarsono, M.KPd., Kepala MAN 1 Tulungagung.di ruang tamu kepala madrasah. Beliau juga melakukan monitoring di ruang asesmen didampingi para staf pimpinan.

AKMI merupakan bentuk evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama untuk mengukur kompetensi peserta didik madrasah dalam literasi yang mencakup membaca, numerasi, sains, dan sosial budaya. Dalam pelaksanaan AKMI 2023 peserta asesmen memanfaatkan perangkat gawai dalam mengerjakan soal asesmen. Di hari pertama AKMI, siswa mengerjakan asesmen berupa soal literasi membaca dan literasi numerasi. Sedangkan di hari kedua, mereka mengerjakan asesmen berupa soal literasi sains dan literasi sosial budaya.

Untuk kelancaran proses AKMI yang memanfaatkan jaringan internet, pelaksaan AKMI di MAN 1 Tulungagung terbagi menjadi dua sesi setiap harinya. Sesi pertama berlangsung selama pukul 07,30-08.45 WIB. Sedangkan sesi dua berlangsung selama pukul 10.30-13.15 WIB. Peserta mengerjakan asesmen bertempat di delapan ruang asesmen. Mereka mengerjakan soal asesmen dengan penuh konsentrasi. Suasana di madrasah ini juga sangat kondusif. Meskipun sedang berlangsung AKMI, proses pembelajaran untuk siswa kelas X dan XII tetap berjalan dengan baik. MAN 1 Tulungagung, keren. AKMI 2023, sukses. (iz)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment