MAN 1 Tulungagung Laksanakan Upacara dan Teatrikal Hari Santri Nasional 2023
Jihad Santri Untuk Negeri

By Admin 24 Okt 2023, 10:30:18 WIB Pendidikan

MAN 1 Tulungagung dan MTsN 1 Tulungagung mengadakan upacara peringatan Hari Santri Nasional bertempat di halaman terpadu kedua madrasah (Minggu, 22 Oktober 2023). Upacara diikuti oleh peserta didik beserta guru dan karyawan. Menyemarakan peringatan Hari Santri, peserta didik MAN 1 Tulungagung yang tergabung dalam Teater Leintera menampilkan aksi tearikal "Resolusi Jiihad Kyai Hasyim Asy'ari".

Muh. Fathullah, M.Ag., selaku pembina upacara, menyampaikan bahwa hari ini kita akan merenungkan bagaimana peran santri sebagai pilar keagamaan dan keilmuan. Santri harus dapat menjadi motor penggerak kemajuan bangsa. Sebagai santri kita berkewajiban memahami ajaran agama, bertanggung jawab untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku kita sehari-hari. Kita juga harus mengingat betapa besar peran para santri dalam sejarah perjuangan bangsa ini.

Santri di Indonesia terlibat dalam berbagai peristiwa penting yang membentuk kemerdekaan Indonesia dan harus menjadi contoh yang baik dalam masyarakat, menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan, toleransi, dan persaudaraan. Peringatan hari santri bukanlah milik santri semata namun hari santri adalah milik kita semua sebagai bangsa yang mencintai tanah air, dan milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan.

Di akhir amanatnya, Gus Fathullah mengajak para peserta upacara yang hadir untuk mendoakan para ulama, kiai dan santri yang telah syahid di medan perang. Untuk menggelorakan semnagat Hari Santri, seluruh peserta upacara bersama-sama menyanyikan lagu "Ya Lal Wathon" secara serempak. Setelah upacara selesai, penyerahan penghargaan lomba-lomba diberikan kepada siswa-siswi yang memenagkan lomba lalu di tutup dengan Teatrikal "Resolusi Jihad Kyai Hasyim Asy'ari" yang diperankan oleh peserta didik yang tergabung dalam teater Leintera yang dibina oleh Ema Haryani, S.Pd. Melalui tearikal ini diharapkan semangat santri dalam membela NKRI dalam diteladani oleh para peserta didik. "Jihad santri jayakan negeri." (iz)




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment