Kuliah Tamu Bersama Guru Besar UIN SATU bagi Siswa Angkatan 2023
Penguatan Motivasi Peserta Didik dalam Menuntut Ilmu

By Admin 24 Sep 2023, 08:06:29 WIB Pendidikan
Kuliah Tamu Bersama Guru Besar UIN SATU bagi Siswa Angkatan 2023

Dalam rangka memotivasi peserta didik sedari dini agar mempunyai tekad dan tujuan dalam menuntut ilmu di MAN 1 Tulungagung, bidang kurikulum mengadakan kuliah tamu bertema  "Mencari Ilmu yang Manfaat dan Barokah" bertempat di Student Center (Jumat, 23 September 2023). Hadir sebagai narasumber dalam kuliah tamu kali ini, Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Pd., guru besar dari UIN Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU).

Sebelum paparan materi dari sang guru besar, Moh. Fatulloh, M.PdI. mengawali kuliah tamu dengan memberikan sambutan berkaitan pentingnya niat dan kesungguhan dalam menuntut ilmu. Beliau menyampaikan enam perkara yang harus diperhatikan dalam menuntut ilmu yaitu kecerdasan, semangat, sungguh-sungguh, berkecukupan, bersahabat (belajar) dengan ustadz (guru), dan membutuhkan waktu yang lama.

Prof. Fatoni dalam pemaparan materi inti dari kuliah tamu ini menyampaikan bahwa menuntut ilmu yang sejatinya selain menghapus kebodohan,  menuntut ilmu merupakan kewajiban yang bernilai ibadah kepada Allah SWT. Sesorang yang sukses dalam menuntut ilmu telah dijanjikan oleh Allah SWT bahwa orang tersebut akan diangkat derajatnya. Ketika sesorang telah berhasil mencapai puncak prestasi ilmu, maka status sosialnya akan naik dan tidak akan bisa turun. Inilah yang membedakan dengan, status sosial yang diperoleh dengan kekayaan harta, yang sewaktu-waktu bisa turun bahkan lenyap.

Guru besar UIN SATU yang memegang motto "hidup jangan pernah berhenti beramal" ini juga memberikan beberapa tips kepada peserta didik MAN SATU agar sukses dalam menuntut ilmu. Pertama, pentingnya niar yang kuat dalam menuntut ilmu. Kedua, ikhlas, ojo gampang ngresulo bahwa dalam menuntut ilmu tentunya banyak kesulitan, hendaknya jangan mudah mengeluh & berputus asa. Ketiga, takdim kepada guru, bahwa belajar harus ada gurunya. Hormatilah para guru, sangatlah penting mendahulukan adab sebelum ilmu agar memperoleh keberkahan dari ilmu. Keempat, rajin berdoa. Berdoa selain merupakan permohonan kita kepada Sang Pencipta, berdoa juga merupakan perintah yang bernilai ibadah. Kelima, motivasi yang kuat baik dari diri sendiri maupun dari luar (guru & keluarga). Motivasi yang paling kuat adalah dari diri sendiri yakni dengan cita-cita yang ingin diraih.

Prof. Patoni pun meyakini bahwa di antara peserta didik yang hadir dalam kuliah tamu ini nanti banyak dari mereka yang akan menjadi orang yang sukses. Oleh karena itu, hendaknya selalu mengokohkan niat dengan sungguh-sungguh dalam menuntut ilmu di samping juga dengan iktiar lainnya, seperti berdoa, memperbanyak selawat, berbaikti kepada orangtua, dan menghormati guru. (iz)

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Etik 24 Sep 2023, 09:50:04 WIB

    barokalloh..,

View all comments

Write a comment