Peringatan Tahun Baru Islam MTsN-MAN 1 Tulungagung || Bersama Hj. Miftachurrohmah, M.Ag.
Mantapkan Akhlak Mulia dan Kuatkan Persaudaraan

By Admin 02 Agu 2023, 14:14:34 WIB Sekitar Kita
Peringatan Tahun Baru Islam MTsN-MAN 1 Tulungagung || Bersama Hj. Miftachurrohmah, M.Ag.

Gambar : Peringatan Tahun Baru Islam secara Terpada MTsN-MAN 1 Tulungagung


MAN 1 Tulungagaung dan MTsN 1 Tulungagung memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 H secara terpadu dengan menggelar pengajian akbar bersama Hj. Dra. Miftachurohmah, M.Ag (Senin, 24/07/2023). Peringatan Muharam tahun ini mengambil tema "Dengan Semangat Tahun Islam 1445 H/ 2023 M, Kita Tingkatkan Taqwa; Mantapkan Akhlak Mulia dan Kuatkan Persaudaraan"

Sambutan disampaikan oleh Drs. Muhibuddin selaku Kepala MTsN 1 Tulungagung. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa peringatan Muharam tahun ini sangat istimewa karena didoakan langsung oleh guru dan Kepala MAN 1 Tulungagung yang baru saja pulang dari menunaikan ibadah haji, yakni Ibu Ulfatun Nikmah (guru MAN 1 Tulungagung) dan Dr. H. Bambang Widarsono, M.KPd. (Kepala MAN 1 Tulungagung,

Sebagai inti acara, Hj. Miftachurohmah, M.Ag. selaku mantan kepala di kedua madrasah menyampaikan mau'idloh hasanah tentang hikmah dari peringatan Muharam. Sejarah 1 Muharram tahun baru Islam, awalnya ditandai dengan peristiwa besar berupa peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah ke Madinah pada 622 Masehi. Hal tersebut menjadikan sebuah penamaan kalender Islam. Dalam sesi ini Ibu Miftachurohmah mengajak para siswa untuk menghafal bulan-bulan dalam tahun Hijriah. Muharam merupakan bulan yang istimewa bagi umat Islam. Di bulan ini terdapat beberapa peristiwa penting. Di antaranya Nabi Adam AS bertobat kepada Allah SWT dan tobatnya diterima; kapal Nabi Nuh AS berlabuh di bukit Zuhdi setelah banjir dahsyat yang menenggelamkan mayoritas penduduk bumi; selamatnya Nabi Ibrahim AS dari siksaan api Raja Namrud; nabi Yusuf AS bebas dari penjara Mesir; keluarnya Nabi Yunus AS dari perut ikan dengan selamat; Allah SWT menyembuhkan Nabi Ayyub AS dari penyakitnya; Allah SWT menyelamatkan Nabi Musa AS dan menenggelamkan Fir’aun.

 

 

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment