Monitoring ANBK 2023 di MAN SATU oleh Kepala Kemenag Tulungagung
Mengukur Kemampuan Peserta Didik dalam Literasi Membaca dan Numerasi

By Admin 29 Agu 2023, 09:18:23 WIB Sekitar Kita
Monitoring ANBK 2023 di MAN SATU oleh Kepala Kemenag Tulungagung

Gambar : Peserta ANBK mengerjakan soal asesmen.


Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2023 berlangsung selama di dua hari (28-29 Agustus 2023). ANBK tahun ini diikuti oleh 50 peserta didik kelas XI (A21) dan bertempat di laboratorium komputer

Kepala Kemenag Tulungagung, Drs. Moh. Nasim, M.Pd.I secara langsung hadir melaksanakan monitoring pelaksanaan ANBK 2023 di MAN 1 Tulungagung. Dalam kesempatan ini, beliau berdialog dengan pengawas ruang terkait kelancaran pelaksanaan ANBK. Pengawasan asesmen ini dilakukan  oleh guru secara silang antar madrasah aliyah se-KKM MAN 1 Tulungagung. Harapan Bapak Nasim bahwa ANBK tahun depan dapat berjalan lebih lancar.

Pelaksaan ANBK di madrasah ini terbagi menjadi dua sesi. Tiap sesi berlangsung selama 130 menit

Siswa yang terpilih mengikuti ANBK sejumlah 50 siswa dengan 5 siswa sebagai cadangan dari total 408 siswa kelas XI. Pemilihan ke 50 siswa tersebut dilakukan oleh Kemendikbud Ristek berdasarkan data EMIS.

Di hari pertama asesmen, peserta ANBK mengerjakan soal literasi dan survei karakter. Lanjut hari kedua, mereka mengerjakan soal numerasi dan survei lingkungan belajar. 

Tujuan pelaksanan ANBK adalah untuk mengukur literasi membaca dan numerasi peserta didik. Literasi membaca merupakan kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks. Sedangkan numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika.

Di samping memonitoring ANBK, Moh. Nasim juga menyempatkan diri meninjau koperasi Mantasamart. Beliau menyarankan untuk mengoptimalkan Mantasamart sebagai penyedia kebutuhan siswa dalam rangka mendukung pelaksanaan pembelajaran. Lebih lanjut, Mantasamart perlu dikembangkan sebagai penyedia kebutuhan keluarga besar madrasah baik guru maupun karyawan. (iz)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Ries 29 Agu 2023, 09:34:09 WIB

    Teruslah maju MAN 1 ku...

View all comments

Write a comment