MAN SATU Siap Melaksanakan KMA 450 Tahun 2024 dalam Penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka
Hadirkan Dr. Ahmad Zamroni S.S., M.Pd. (Tim Pengembang Kurikulum KSKK Kemenag RI) dalam Bimtek Kurikulum

By Admin 02 Agu 2024, 21:39:06 WIB Pendidikan
MAN SATU Siap Melaksanakan KMA 450 Tahun 2024 dalam Penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka

Gambar : Dr. Ahmad Zamroni, S.S., M.Pd. (Tim Pengembang Kurikulum KSKK Kemenag RI).


MAN 1 TULUNGAGUNG - Dengan diterbitkannya KMA 450 Tahun 2022 sebagai pedoman penerapan imlpementasi Kurikulum Merdeka di madrasah, MAN SATU menyelenggarakan bimtek bagi guru dari 4 madrasah: MAN 1 Tulungagung, MTsN 1 Tulungagung, MTsN 2 Tulungagung dan MTsN 4 Tulungagung dengan menghadirkan Dr. Ahmad Zamroni, S.S., M.Pd. (Tim Pengembang Kurikulum KSKK Kemenag RI). Bimtek ini dilaksanakan di Student Center (Rzbu, 31 Juli 2024). 

Bimtek dibuka oleh Drs. H. Moh. Nasim, M.Pd., Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tulungagung,. Dalam samabutannya, Nasim menyampaikan bahwa kurikulum merupakan kurikulum merupakan ruhnya madrasah. 

KMA 450 Tahun 2024 diterbitkan oleh Kementerian Agama sebagai Pedoman Implementasi Kurikulum pada Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Madrasah Aliyah Kejuruan untuk memberikan arah bagi madrasah dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan tujuan untuk mewujudkan pembelajaran yang bermakna dan efektif dalam meningkatkan keimanan, ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa, 

Berikut merupakan beberapa hal pokok dari materi bimtek yang dirangkum oleh Imam Hanafi, M.Pd. (Waka Kurikulum MAN SATU).

a. Mulok bisa berupa keagamaan, senbud, prakarya, pjok, bahasa, teknologi, riset
b. Mulok dapat dilaksanakan secara integrasi ke mapel lain, integrasi ke tema P5RA, mapel yg berdiri sendiri
c. Ada mapel Program Kebutuhan Khusus bagi Madrasah Inklusif
d. PDKI diberi layanan individual, bukan dalam bentuk rombongan belajar
e. Cerdas ditentukan oleh psikolog, kecepatan belajar ditentukan guru.
f. P5RA : koordinator utama, koordinator jenjang, koordinator jenjang dapat dibagi maks 3 rombel, fasilitator tiap rombel. Koordinator diakui 2 JP per rombel, fasilitator 1 JP.
g. Siswa cerdas hanya 2% dari populasi.
h. Senbud pembelajaran tidak penuh 36 tapi 27
i. Penguatan Program 6JP bagi madrasah IC, plus keterampilan, keagamaan. Pelaksanaan boleh setiap minggu, sistem blok, ataupun sistem on off
j. Mapel pilihan disesuaikan dengan jurusan yg ingin dipilih di PT. Siswa memilih 4-5 mapel (20-25JP) --> lihat KMA 345 2022
k. Mapel kelompok umum sekurang²nya 7 mapel
l. Penggantian mapel pilihan selambat²nya dilakukan pd smt 4 dgn risiko ditanggung siswa
m. Mapel penguatan program madrasah include di mapel pilihan
n. P5RA satu thn pelajaran dialksanakan 2-3 project
o. Proses penyusunan perencanaan pembelajaran : analisis CP, menyusun TP (tdk bernomor) dan ATP (bernomor), merencanakan asesmen formatif (formatuf --> asesmen awal dan proses) dan asesmen sumatif. SAS tdk wajib ada.
p. Komponen modul : tujuan, langkah, penilaian, media.
q. Satuan pendidikan leluasa menentukan kriteria kenaikan kelas. Pertimbangannya : hasil belajar, P5RA.
r. Ujian akhir jenjang boleh dilaksanakan pd smt ganjil atau genap akhur jenjang. Bentuk ujian : portofolio, penugasan, tes tulis, atau bentuj lain. (iz)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment